Kapolsek Tapung Hulu Sosialisasikan Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla

- Oktober 12, 2023
advertise here


TAPUNGHULU, SABTANEWS.COM  - Kapolsek Tapung Hulu AKP Nurman,SH.MH menjadi Nara Sumber dalam kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kec.Tapung Kab.Kampar, Kamis 12/10/2023.

Dalam acara sosialisasi yang digelar di Aula Kantor Desa Sumber Sari dihadiri oleh Kabid BPBD ( Badan Penanggulan Bencana Daerah ) Kab.Kampar Adi Chandra Lukita SE.MM, Kapolsek Tapung Hulu AKP Nurman SH.MH, Camat Tapung Hulu Wira Sastra, S.STP.,M.Si, Danramil 16/Tapung diwakili Dan Pos Peltu Suryadi, Seluruh Perwakilan Pimpinan Perusahaan Se-Kecamatan Tepung Hulu, Seluruh Kepala Desa Se-Kecamatan Tapung Hulu, MPA ( Masyarakat Peduli Api ) Seluruh Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda serta Bhabinkamtibmas SP3 Bripka M.Rafiq. 

Acara yang dilaksanakan sekira pukul 09.30 Wib tersebut diawali dengan Pembukaan acara oleh Protokol,  Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Kata Sambutan Dari Camat Tapung Hulu Wira Sastra S.STP. M.Si, Sosialisasi / Nara Sumber Oleh Kapolsek Tapung Hulu AKP Nurman, S.H.,M.H, Sosialisasi / Nara Sumber Oleh Danramil 16/Tapung diwakili oleh Peltu Selamat Pardede, Sosialisasi / Nara Sumber Oleh Kabid BPBD Kab. Kampar Adi Chandra Lukita SE.MM selanjutnya Photo bersama serta penutup. 

Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja,SIK melalui Kapolsek Tapung Hulu AKP Nurman,SH.MH menyampaikan  tujuan kegiatan ini sebagai antisipasi dini pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kec.Tapung Hulu.

" Dalam pencegahan karhutla dilakukan melalui 6 (Enam) aspek utama,

- Pembinaan kepada masyarakat Desa Rawan kebakaran,

- Sistem deteksi dini untuk pencegahan kebakaran,

- Tata kelola air dilahan gambut,

- Peralatan pencegahan kebakaran,

- Jumlah dan kompetensi tenaga pendukung pencegahan Karhutla, dan

- Kerjasama ", jelasnya.

AKP Nurman,SH.MH menambahkan, dengan adanya sosialisasi ini hendaknya warga masyarakat dapat memahami dampak dari kebakaran lahan itu sendiri.

" Oleh karena itu kami mengajak dan menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran apabila membuka lahan baru, selain berdampak kepada khalayak ramai juga akan berhadapan dengan hukum yang berlaku di negara kita ini ", harap Kapolsek Tapung Hulu AKP Nurman,SH.MH.

Seluruh rangkaian kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulan Kebakaran Hutan dan Lahan, berakhir pada pukul 11.30 Wib Situasi Terdapat Dalam Keadaan aman Kondusif.

Advertisement advertise here