Opung Rada Lubis Usia 79 Tahun Berkeinginan Ketemu Prabowo dan Hercules di Usia Senja, Mungkinkah Terwujud

- April 08, 2024
advertise here


PEKANBARU, SABTANEWS.CO. --  Meskipun usianya saat ini sudah 78 tahun , namun semangat hidupnya yang begitu luar biasanya gigihnya. Sahat Lubis atau yang akrab disapa ( Opung Rada ) yang berdomisili di jalan Harapan Jaya RT/ RW 002/004 kelurahan Bencah Lesung kecamatan Tenayan Raya kota Pekanbaru Riau.

Selama ini Opung Rada berprofesi sebagai buruh bongkar muat bergabung di SPSI ( Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) di kota Pekanbaru selama 36 tahun, selama pensiun dari SPSI Opung Rada yang sudah menduda selama puluhan tahun tersebut harus menghidupi 6 orang anaknya ( 5 laki-laki dan 1 wanita). Kaki jadi kepala, kepala jadi kaki begitulah prinsif hidup nya semasa mudanya untuk bergelut diluar sana demi untuk mencukupi kehidupan ke enam anaknya.

Meskipun sudah berusia 78 tahun namun naluri semangat hidupnya begitu luar biasa. Saat bincang-bincang ringan disalah satu kedai kopi di jalan Harapan Jaya tepatnya di kedai kopi pak Niko Panjaitan, Opung Rada mencoba memberikan motivasi kepada regenerasi muda tentang bagaimana menyikapi hidup yang memiliki prinsif hidup yang jelas tanpa harus merugikan orang lain atau dengan kata lain bekerja dengan halal dengan banting tulang peras keringat.

Selain motivasi kepada generasi muda, Opung Rada juga memiliki motivasi untuk mensuport generasi muda, lewat selogan ', Cintailah hidupmu dan berkarya lah selagi masih muda, sebab hidup kita terbatas untuk berkarya. Usia muda kita menentukan siapa kita sebenarnya, baik dari segi kwalitas pekerjaan, bersusah lelah engkau dimasa mudamu mulai dari bersekolah dan kelak jika sudah bekerja hargai hasil keringat mu dan upayakan untuk menabung untuk hari tua mu, ucap Opung Rada Lubis.

Dibalik usianya yang sudah 79 tahun, ternyata Opung Rada memiliki 2 orang sosok yang memotivasi dirinya, sosok yang ia idolakan selama ini adalah " Jendral Prabowo Subianto ( Presiden terpilih periode 2024- 2029  dan Hercules ( tokoh muda anak jalanan kini menjadi seorang agamis yang gemar berbagi kepada orang kurang mampu dan membantu anak yatim piatu)

Berikut biodata Jenderal TNI (HOR) (Purn) Prabowo Subianto dilantik sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo pada tanggal 23 Oktober 2019 dalam Kabinet Indonesia Maju Masa Jabatan 2019-2024.

Berikut segudang prestasi Jenderal TNI (HOR) (Purn) Prabowo Subianto, Ia adalah anak dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar. Beliau merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Kedua kakaknya perempuan; Biantiningsih Miderawati dan Maryani Ekowati, dan satu adik laki-laki, Hashim Djojohadikusumo.

I. DATA PRIBADI

Nama Lengkap : Jenderal TNI (HOR) (Purn) Prabowo Subianto

Tempat / Tanggal Lahir : Jakarta, 17 Oktober 1951

Kewarganegaraan : Indonesia

Bahasa : Inggris, Indonesia 

II. DATA PENDIDIKAN

" Elementary School (Hongkong)

" Victoria Institution (Malaysia)

" International School (Swiss)

" American School In London, United Kingdom

AKABRI Magelang 

III. PENGALAMAN PROFESIONAL

" Basic course of infantry subdivisions (1974)

Commando Course (1975)

" Jump Master (1977)

Investigation officer course (1977)

" Free Fall (1981)

Counter Terorist Course, " GSG-9 Germany (1981)

Special Forces Officer Course, Ft. Benning USA (1981) 

IV. RIWAYAT JABATAN

" Platoon Commander of Commandos Group-1 "Kopassandha (1976)

Company Commander of Commandos Group-1 "Kopassandha (1977)

Deputy Commander of Detachment-81 "Kopassus (1983-1985)

Deputy Commander of the airborne infantry battalion Kostrad (1985-1987)

"Commander of the airborne infantry battalion 328 Kostrad (1987-1991)

"Chief of brigade staff airborne infantry 17/Kujang I/Kostrad (1991-1993)

"Group Commander-3/special force training center (1993-1995

"Deputy Commander of Special Force Command (1994)

"Commander of Special Force Command (1995-1996

"General Commander of Special Force Command (1996-1998)

"Command Commander of the Army’s strategic reserve Command(1998)

"Staff and Command Army’s School Commander(1998)

"Chairman of HKTI (2004-2009)

"Chairman of HKTI (2010-2015)

"Chairman of Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) (2001-2011)

"Commissioner Oil and Gas Company in Kazakhstan

"Head Commissioner of PT Tidar Kerinci Agung

"President and CEO of PT Nusantara Energy

"President and CEO of PT Jaladri Nusantara

"Advisory Board of Organisasi Kosgoro

Head of Kebangsaan University

Founder of Koperasi Swadesi Indonesia (KSI)

Head of Koperasi Garuda Yaksa


IV. RIWAYAT TANDA JASA

"Bintang Kartika Eka Paksi Naraya

Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun

"Satya Lencana Seroja Ulangan-III

"Satya Lencana Raksaka Dharma

"Satya Lencana Dwija Sistha

"Satya Lencana Wira Karya

The First Class The Padin Medal Ops Honor dari Pemerintah Kamboja

"Bintang Yudha Dharma Naraya

IV. RIWAYAT PUBLIKASI

"Selamatkan Indonesia Raya (2009)

"Membangun Kembali Indonesia Raya (2014)

"Paradoks Indonesia (2015)

"Indonesia Menang (2019)

Segudang prestasi tersebut menurut Opung Rada sosok Prabowo Subianto sangat tidak kita ragukan lagi, karir pribadinya yang begitu gemilang, hingga masyakarat Indonesia memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin Indonesia manusia Presiden RI periode 2024- 2029 nanti.

Berikut Biodata dan Profil Hercules Mantan Preman Tanah Abang yang Kini Jadi Tenaga Ahli di PD Pasar Jaya

Biodata dan profil Hercules mantan preman Tanah Abang yang kini jadi tenaga ahli  di PD Pasar Jaya, salah satu BUMD DKI Jakarta.

Biodata dan profil Hercules mantan preman Tanah Abang yang kini jadi tenaga ahli di PD Pasar Jaya, salah satu BUMD DKI Jakarta. /Tangkap layar Youtube.com/Gus Miftah Official

Berikut biodata dan profil Hercules mantan preman Tanah Abang yang kini jadi tenaga ahli PD Pasar Jaya, salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov DKI.

Dalan dunia permen, terutama di DKI Jakarta, nama dan profil Hercules tidak bisa diragukan lagi atas ketenarannya, tetapi dalam beberapa tahun belakang, namanya mulai meredup di media massa. Tetapi beberapa hari ini namanya menjadi perbicangan publik setelah diangkat menjadi tenaga ahli di PD Pasar Jaya.

Nama Hercules sebelumnya diisukan bahwa ia telah absen dari dunia preman.

Hercules memiliki nama lengkap Rosario de Marshall dan lahir di Ainaro Timor Portugis, merupakan seorang gangster dan broker politik asal Indonesia yang berasal dari Timor Timur.

Sebelum terjun ke dunia preman, Hercules merupakan seorang portir untuk TNI-AD pada integrasi Timor Timur. Saat menjadi tenaga bantu tersebut, nama Hercules disematkan pada lelaki yang memiliki badan yang besar dan kuat seperti sosok Hercules dalam mitologi Yunani.

Pada tahun 1978 ada sebuah pemboman di Ainaro yang menewaskan orang tua Hercules ketika terjadi bentrokan antara kelompok pro-kemerdekaan (frente Revolucionaria de Timor-Leste Independente (Fretilin) dengan kelompok pro-integrasi dengan Republik Indonesia.

Saat di Timor Timur, Hercules kehilangan salah satu tangan dan sebelah matanya, saat mengirim logistik untuk tentara, namun saat perjalanan helikopter yang dinaiki mengalami kecelakaan.

Saat kecelakaan ini, akhirnya yang mengubah hidup Hercules di kemudian hari. Saat itu ia mengalami luka yang cukup parah kemudian dilarikan ke Jakarta dan menjalin perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Nahas, tangan kanannya tidak bisa tertolong dan harus diamputasi. Sebenarnya saat itu ia belum selesai perawatan, tetapi karena tidak tahan dengan suasana RSPAD, ia memutuskan untuk kabur dari rumah sakit.

Hercules setelah selesai perawatan tidak kembali ke Timor Timur, tetapi ia benar-benar hijrah ke Jakarta, dan mendirikan kelompok preman yang akhirnya menguasai Tanah Abang, mengatur dunia bawah tanah kejahatan sejak 1990-an.

Hercules digambarkan sebagai kepala preman yang pernah berkuasa di Tanah Abang, ia tidak segan-segan adu fisik dengan lawannya. Tidak hanya itu, ia gemar membawa sajam yang kemudian ditakuti lawannya.

Pada umumnya, dunia bawah tanah selalu menghindari sorotan media, tetapi berbeda dengan Hercules yang selalu muncul pada acara TV serta majalah tabloid.

Setelah menjadi orang yang ditakuti, kini Hercules mencoba untuk membangun bisnis yang legal dan pada 22 Februari 2022 kemarin ia dikonfirmasi diangkat menjadi tenaga ahli di BUMD milik DKI, Perumda Pasar Jaya,

Demikian biodata dan profil Hercules mantan preman Tanah Abang yang kini jadi ahli PD Pasar Jaya salah satu BUMD milik Pemprov DKI.

Dua sosok yang menjadi inspirasi Opung Rada selama ini tentunya tidak diragukan lagi dalam membenahi pribadinya yang awalnya bukan siapa- siapa dan berkat kerja keras mereka hingga menjadi terkenal. 

Bahkan diakhir cerita Opung Rada saat ini, ia sangat merindukan untuk bertemu dengan Jendral Prabowo Subianto dan H Hercules, Yah....jika Tuhan izinkan sebelum usia untuk menghadap yang maha kuasa ia berkeinginan untuk bertemu, ucapnya.

Semoga niat Opung Rada Lubis terwujudkan, bahkan lewat pemberitaan ini, semoga saja ada jalan terbaik bagi dirinya untuk berangkat ke Jakarta dan bertemu langsung ' Jendral Pribowo Subianto dan H Hercules, tutupnya.

Editor Sabam Tanjung.

Advertisement advertise here