Warga Mamba Sambut Gembira Pelayanan Kesehatan Gratis Satgas TNI

- Agustus 01, 2024
advertise here


Sugapa Intan Jaya, SABTANEWS.COM  – Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Raider 509/Balawara Yudha Kostrad merupakan salah satu Satuan Jajaran Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA yang sedang melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Opspamtas) Mobil RI-PNG, khususnya di wilayah Kabupaten Intan Jaya, menggelar Kegiatan Teritorial bertajuk “Pelayanan Kesehatan Gratis” bagi warga Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah pada Kamis (1/8/2024).

Kegiatan Teritorial ini dilakukan dalam rangka membantu kesulitan warga setempat dalam bidang kesehatan, yang merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Dalam pelaksanaan tugas rutin Opspamtas, Satgas Yonif 509 Kostrad secara aktif menyelenggarakan kegiatan pengamanan di wilayah tanggung jawabnya. Dan di hari Kamis tersebut, di tengah waktu pelaksanaan tugas rutin, terdapat Tim Medis Satgas di Pos Kotis Mamba pimpinan Komandan Satgas Yonif 509 Kostrad, Letkol Inf Dian Dessiawan Setyadi. Dan sudah menjadi rutinitas bagi warga Mamba yang tinggal di sekitar Pos untuk datang ke Pos dan mendapatkan Pelayanan Kesehatan gratis dari Tim Medis pimpinan Lettu Ckm Hadi Widiyanto. Wujud dari Pelayanan Kesehatan gratis tersebut mencakup pemeriksaan kesehatan umum, pengobatan penyakit ringan, pemberian vitamin, serta edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan menjalankan pola hidup sehat.

Pada hari Kamis pagi tersebut, cukup banyak warga Mamba yang hadir di Pos Mamba guna mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Salah satu diantaranya terdapat Mama Maria Turnib yang mendapatkan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan, pengobatan penyakit yang sedang dideritanya yakni flu, serta pemberian obat dan vitamin. Pasca mendapatkan pelayanan kesehatan, Mama Ria mengucapkan terima kasih atas pelayanan kesehatan dari tim medis Satgas.

"Terima kasih Pak Dokter 509. Saya merasa lebih enak sekarang. Tuhan memberkati TNI,"ucapnya gembira.

Di tempat terpisah, Panglima KOOPS HABEMA, Brigjen TNI Lucky Avianto, mengapresiasi inisiatif Satgas Yonif 509 Kostrad dalam menggelar Pelayanan Kesehatan Gratis bagi warga masyarakat Mamba.

"Hal ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat setempat, khususnya pemberian pelayanan dasar bidang kesehatan, dalam rangka mendukung upaya mempercepat pembangunan Papua," pungkasnya. (PenKoopsHabema)

Advertisement advertise here