Pemkab Dairi Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

- Oktober 03, 2024
advertise here


DAIRI, SABTANEWS.COM -- Penjabat (Pj) Bupati Dairi, Surung Charles Lamhot Bantjin bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Hari Kesakitan Pancasila di halaman kantor Bupati Dairi, Selasa (1/10/2024). 

Surung Charles Bantjin dPemkab Dairi Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 

alam sambutannya menyampaikan Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober yang bertujuan sebagai pengingat perjalanan sejarah bagaimana bangsa Indonesia mempertahankan ideologi negara. 

Menurutnya, kesaktian Pancasila diperingati untuk penghormatan dan mengenang para pahlawan revolusi yang gugur dalam mempertahankan Pancasila akibat kekejaman dan penghianatan dalam peristiwa G30S/ PKI.

"Para pendiri bangsa Indonesia mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa, sejak kelahirannya sampai hari ini Pancasila adalah kekuatan kita untuk berjuang membangun cita-cita kita. Pancasila menjadi pengingat kita bahwa di tengah segala situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia hanya berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat," ujarnya

Charles Bantjin juga menyampaikan kita harus merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada awal bulan ini, merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan, seperti Tema Tahun ini yakni" Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas 2045". 

"Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong seratus tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat. Tema ini juga menggambarkan pentingnya Pancasila sebagai landasan moral dan etika dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045," ucapnya. (Gandali)

Advertisement advertise here