Pj Bupati Surung Carles Bantjin Buka Pesta Njuah-njuah, Event Pendukung Kepariwisataan Berbasis Budaya

- Oktober 01, 2024
advertise here
SABTANEWS COM - DAIRI - Penjabat (Pj) Bupati Dairi Surung Charles Bantjin membuka pesta Budaya Njuah-njuah Kabupaten Dairi Tahun 2024 di Gedung Nasional Djauli Manik, Senin (30/9/2024). 
Dengan mengusung tema, 'Bersatu Lebih Kuat menuju Dairi lebih baik', pesta tahunan Kabupaten Dairi dihadiri ribuan peserta dan pengunjung Pesta Budaya Njuah-njuah. 
Sebelum dibuka Penjabat Bupati, peserta pesta njuah-njuah melakukan kirab pulung buah. Pasa peserta membawa hasil pertanian yang beragam. 

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengatakan, pesta Budaya Njuah-Njuah merupakan kegiatan dan aktualisasi budaya daerah dari program Pemerintah dalam pengembangan nilai-nilai budaya. 

"Kegiatan berbasis kebudayaan yang bertujuan untuk melestarikan budaya Pakpak di Kabupaten Dairi dan untuk mencerminkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus menjadi event pendukung kepariwisataan yang berbasis kebudayaan dengan menggali dan mengembangkan potensi daerah yang ada di Kabupaten Dairi," katanya. 

Selain itu, menurut Pj Bupati, pesta Budaya Njuah-njuah merupakan acara sebagai ungkapan syukur masyarakat Kabupaten Dairi atas berkat kehidupan dari Yang Maha Kuasa berdasarkan tradisi dan nilai-nilai keluhuran Budaya  Pakpak. 

"Syukur ini dalam sejarah nya menyangkut keberhasilan panen hasil pertanian dan keamanan dan silahturahmi yang senantiasa tetap terjaga antar komunitas maupun kelompok yang ada di masyarakat," katanya. 

Pj Bupati pun berharap, pesta Njuah-njuah dapat menggali dan mengembangkan potensi daerah kita, khususnya dalam sektor Pariwisata dan ekonomi kreatif. "Parawisata memiliki karakteristik yang selaras dengan pelestarian alam, seni, dan budaya," jelasnya. 

Selain itu, Pj Bupati mengatakan, pesta Budaya Njuah-Njuah tahun ini dilaksanakan sampai esok hari, acara ini tentunya akan menyuguhkan banyak hal menarik yang erat kaitannya dengan budaya. 

"Selain itu, ada Pagelaran Seni Budaya, Perlombaan dan banyak pertunjukan budaya lokal lainnya. Kiranya program pemerintah dalam memperkokoh budaya ini dapat meningkatkan Keparawisataan, SDM serta membangun generasi muda kita dalam menekuni nilai budaya suku Pakpak," katanya. (Gandali)
Advertisement advertise here